Gunadarma Studentsite News

RESUME KELOMPOK 5

RESUME [ KELOMPOK 5 ] " PERUBAHAN DAN PERKEMBANGAN ORGANISASI "

Dalam setiap Organisasi pasti akan terjadi Perubahan dan Perkembangan. Organisasi sebagai suatu wadah kehidupan dalam masyarakat juga mengalami perubahan, karena suatu organisasi juga harus selalu menyesuaikan dengan perubahan-perubahan di sekitarnya yang terjadi. Organisasi mengalami perubahan karena organisasi tersebut selalu menghadapi berbagai macam tantangan dan ingin membuat sesuatu yang berbeda dari organisasi lainnya. Ada beberapa proses perubahan yaitu antara lain : 
a. Mengadakan Pengkajian
Setiap organisasi apapun tidak dapat menghindarkan diri dari pengaruh daripada berbagai perubahan yang terjadi di luar organisasi. Perubahan tersebut mempunyai dampak terhadap organisasi,. 
b. Mengadakan Identifikasi
Identifikasikan dampak setiap faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan organisasi harus diteliti secara cermat agar jelas permasalahannya dan dapat dipecahkan dengan tepat.
c. Menetapkan Perubahan
Pimpinan organisasi harus yakin terlebih dahulu bahwa perubahan memang harus dilakukan, baik dalam rangka meningkatkan kemampuan organisasi maupun dalam rangka mempertahankan eksistensi.
d. Menentukan Strategi
Apabila pimpinan organisasi yakin bahwa perubahan benar-benar harus dilakukan maka pemimpin organisasi harus segera menyusun strategi untuk mewujudkannya.
e. Melakukan Evaluasi
Untuk mengetahui apakah hasil dari perubahan itu bersifat positif atau negatif, perlu dilakukan penilaian. Apabila hasil perubahan sesuai dengan harapan berarti berpengaruh postif terhadap organisasi, dan apabila sebaliknya berarti negatif.

Setiap manusia pasti hidup dalam suatu organisasi entah skala besar maupun kecil, maka dianjurkan bahwa setiap manusia belajar membangun sifat sifat tersebut :
1.      Kejujuran
2.      Loyalitas (Kesetiaan atau kerelaan berkorban untuk organisasi “Bersifat Herois”)
3.      Komitmen dan Tanggungjawab
4.      Kekeluargaan dan rasa saling memiliki
5.      Kemauan untuk berkembang
6.      Cara berkomunikasi yang efektif dan efesien
  
  Tujuan Pengembangan pada Organisasi
Pengembangan pada organisasi memiliki tujuan sebagai berikut:
1. Menciptakan keharmonisan hubungan kerja antara pimpinan maupun anggota organisasi yang lain.
2. Menciptakan kemampuan untuk memecahkan masalah organisasi secara terbuka dan terstrukktur.
3. Menciptakan keterbukan dalam berkomunikasi 
4. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia
5. Mensejahterakan lingkungan masyarakat sekitar dan masyarakat luar
6. Meningkatkan wawasan lingkungan

Pada dasarnya pengembangan organisasi merupakan usaha yang dilakukan secara berencana, terus menerus meliputi organisasi secara keseluruhan untuk meningkatkan efektifitas dan kesehatan organisasi dengan menerapkan azas-azas dan praktek yang dikenal dalam kegiatan organisasi.

RESUME KELOMPOK 5 RESUME KELOMPOK 5 Reviewed by Daniel Pandapotan Simorangkir on 3:37 AM Rating: 5

No comments:

Theme images by fpm. Powered by Blogger.