Gunadarma Studentsite News

RESUME KELOMPOK 6

RESUME [ KELOMPOK 6 ] " ARTI PENTING KEPEMIMPINAN DALAM ORGANISASI "


         Definisi kepemimpinan menurut Ordway Tead adalah suatu kegiatan mempengaruhi orang lain untuk bekerjasama guna mencapai tujuan tertentu yang diinginkan. Sedangkan menurut Wursanto adalah kemampuan mempengaruhi orang lain atau seni mempengaruhi orang lain dalam situasi tertentu guna mencapai tujuan tertentu. 
Teori Kepemimpinan, yaitu antara lain:
-Teori Kelebihan
-Teori Sifat
-Teori Keturunan
-Teori Kharismatis
-Teori Bakat
-Teori Sosial
          Disini dalam kepemimpinan berorganisasi memiliki teknik-teknik yang dibedakan menjadi 2 macam, yaitu : Teknik Kepemimpinan Secara Umum dan Teknik Kepemimpinan Secara Khusus.

- Teknik Kepemimpinan Secara Umum, dibedakan lagi menjadi 3 jenis :
1. Teknik Kepengikutan, biasanya dalam teknik ini pemimpin membuat orang-orang mengikuti apa yang menjadi kehendak si pemimpin biasanya karna faktor peraturan hukum yang berlaku, agama, maupun tradisi.
2. Teknik Human Relations merupakan hubungan manusia yang bertujuan untuk mendapatkan kepuasan, baik kepuasan pisikologis, maupun kepuasan jasmaniah kepada para bawahan.
3. Teknik Memberi Teladan, Semangat, dan Dorongan, seorang pemimpin menempatkan diri sebagai pemberi  teladan, pemberi semangat dan sebagai pemberi dorongan. Dengan cara demikian diharapkan dapat memberikan pengertian dan kesadaran pada para bawahan.

- Teknik Kepemimpinan Secara Khusus, dibedakan lagi menjadi 3 jenis :
1. Teknik Persuasi, teknik ajakan atau rayuan agar orang mempunyai kesediaan mengikuti. Kepengikutan ini didasarkan pada kesediaan bukan paksaan.
2. Teknik Pemberian Perintah, penugasan kepada bawahan tentang sesuatu hal yang harus dikerjakan / dijalankan. Dapat berupa larangan baik tulis / lisan. Menyuruh orang yang diberi perintah untuk mematuhi yang memberi perintah melakukan sesuatu.
3. Teknik Pemberian Fasilitas, memberikan kemudahan dan fasilitas pada bawahan. Baik fasilitas dalam bentuk uang (gaji), Barang (properti dinas) atau waktu (lembur).

Syarat-Syarat Pemimpin yang Baik, 
- Kekuatan atau Energi yang lebih
- Penguasaan Emosional
- Pengetahuan Mengenai Hubungan Kemanusiaan
- Kecakapan Berkomunikasi
- Kemampuan Teknis Kepemimpinan 
- Percaya Terhadap Kemampuan Orang Lain
- Mendengan Apa yang di Sampaikan Orang Lain 
- Kemampuan Memahami Orang Lain
- Menjadi Arah (Navigator) Bagi Orang Lain
- Memperlengkapi Orang Lain

Tipe-Tipe Kepemimpinan,
- Tipe Otokratis, menurut Martoyo tipe ini  menganggap  kepemimpinannya merupakan hak  pribadi dan  berpendapat  bahwa dia dapat  menentukan  apa  saja  dalam  organisasi, tanpa  mengadakan  konsultasi dengan  bawahannya  yang  melaksanakan. pemimpin tipe ini dimanfaatkan  untuk  keadaan  darurat, di mana suatu konsultasi dengan  bawahan  sudah tidak mungkin lagi.
- Tipe Laisser FaireTipe kepemimpinan ini pada dasarnya berpandangan bahwa anggota organisasinya mampu mandiri dalam membuat keputusan, mampu mengurus dirinya masing-masing dengan sedikit mungkin pengarahan atau pemberian petunjuk dalam merealisasikan tugas. Kepemimpinan bebas yang berarti bahwa seorang pemimpin adalah sebagai penonton yang bersikap pasif. Bisa dikatakan sebagai kebalikan dari kepemimpian otokratis.
 - Tipe PaternalisticKepemimpinan yang paternalistik dicirikan oleh suatu pengaruh yang bersifat kebapakkan dalam hubungan antara manajer dengan perusahaan. Tujuannya adalah untuk melindungi dan memberikan arah, tindakan, dan perilaku ibarat peran seorang bapak kepada anaknya.
- Tipe Militeristis, Tipe Militeristik tidak sama dengan pemimpin-pemimpin dalam organisasi militer. Artinya, tidak semua pemimpin dalam militer adalah tipe pemimpin yang militeristik. Tipe kepemimpinan Militeristik ini sangat mirip dengan tipe kepemimpinan Otokratis.
- Tipe Demokratis, Kepemimpinan yang demokratis, pemimpin beranggapan bahwa ia merupakan bagian integral yang sama sebagai elemen perusahaan dan secara bersamaan seluruh elemen tersebut bertanggung jawab terhadap perusahaan.
- Tipe Open LeadershipPimpinan memang memberikan kesempatan kepada para bawahan untuk memberikan saran, tetapi keputusan tetap ada ditangan pimpinan. Apakah saran – saran dari bawahan diterima atau tidak tergantung tetap oleh pimpinan menyetujui saran tersebut atau tidak. Tipe ini yang saya rekomendasikan karna tipe ini sama seperti kepemimpinan Presiden kita yang sekarang.
RESUME KELOMPOK 6 RESUME KELOMPOK 6 Reviewed by Daniel Pandapotan Simorangkir on 4:06 AM Rating: 5

No comments:

Theme images by fpm. Powered by Blogger.