Dalam artikel kali ini saya akan memberikan petunjuk untuk mempelajari tentang dasar - dasar komponen pada software DIA dan juga cara
membuat suatu diagram flowchart pada DIA. Kali ini akan
menjelaskan cara pembuatan flowchart luas segitiga dan flowchart peminjaman
buku.
1.
Flowchart Luas Segitiga
- Klik File → New
Tampilan awal
- Pada toolbox yang berada
disebelah kiri, pilih menu Flowchart
- klik pada gambar / terminal interrupt lalu
tuliskan “Start”.
klik pada gambar / input output lalu tuliskan “Input A, T”.
- klik pada gambar / process lalu tuliskan “Luas =
A * T * 0.5”.
klik pada gambar / input output lalu tuliskan “Print Luas”.
klik pada gambar / terminal interrupt lalu tuliskan “End”.
Terakhir buatlah garis untuk menghubungkan bentuk-bentuk nya. Dengan cara tekan tombol L pada keyboard atau dengan cara klik gambar pada toolbox.
Flowchart Luas Segitiga
Logika Pemrograman Flowchart Luas Segitiga
- = Terminal intterupt, ini berfungsi untuk
memulai / mengakhiri sebuah program, dalam flowchart simbol ini sangat lah
perlu digunakan. Dan biasanya ditulis Start pada awal program dan End pada
akhir program.
- =
Input / Output, simbol berbentuk jajar genjang ini berfungsi sebagai Input
dan Output program, pada flowchart kali ini, input nya adalah A dan T, A
sebagai Alas dan T sebagai tinggi dari segitiga. Dan Outputnya adalah
Luas. Output adalah hasil keluaran dari input yang sudah di proses.
- =
Process, simbol berbentuk persegi panjang ini berfungsi sebagai pemrosesan
dari Input program. Proses yang dilakukan dalam flowchart ini adalah Alas
dan Tinggi, yang menggunakan variabel Luas. Dan digunakan untuk meletakan
proses perhitungan luas segitiga.
2. Flowchart Peminjaman Buku
Logika Pemrograman Peminjaman Buku
Pada flowchart peminjaman buku ini
diagram yang digunakan hanyalah 3 diagram yaitu Terminal interrupt, Process,
dan Decision. Diagram process pada flowchart kali ini adalah memproses suatu kalimat
alur flowchart.
- Diagram
yang pertama dibuat adalah diagram bertuliskan Start yang dipergunakan
untuk memulai suatu program
- Diagram kedua dan ketiga adalah diagram process
“Masuk keperpustakaan” dan “Menunjukan Kartu Identitas”. Jika keduanya terpenuhi
maka lanjut ke diagram berikutnya.
- Selanjutnya adalah diagram
Decision, Decision yang
berbentuk belah ketupat ini dipergunakan sebagai kotak keputusan yang
harus memiliki logika TRUE / FALSE dalam sebuah keputusan, dalam program
kali ini saya menuliskan “Memiliki Kartu Identitas” disertakan dengan alur
keputusan Ya dan Tidak. Jika kondisinya tidak terpenuhi, maka melakukan
proses “Mencari buku yang ingin di pinjam” dan jika kondisi tidak
terpenuhi, alur “Tidak” akan langsung menuju akhir program / End.
- Ketika langkah mencari buku sudah diproses, langkah
selanjutnya adalah diagram decision “Tersedianya buku” jika buku yang
diinginkan tidak tersedia maka alur akan melanjutkan ke “Mencari buku yang
ingin dipinjam” dan jika buku tersedia maka alur akan melanjutkan ke
“Memberikan buku dan kartu member”.
- Selanjutnya adalah proses “Memberikan buku
dan kartu member” dan kemudian ke alur diagram decision “Memiliki Kartu
Member” jadi jika ingin meminjam buku, diharuskan membuat kartu member.
Jika tidak memiliki maka melanjutkan ke proses “Membuat Kartu Member”.
- Dan
jika kondisi menunjukan “Ya” akan melanjutkan ke proses “Petugas mencatat
nama peminjam, jenis buku, tanggal peminjaman, dan tanggal pengembalian,
lalu ke proses “petugas memberikan buku kepeminjam” dan yang terakhir
adalah diagram End. End adalah diagram terminal interrupt yang menandakan
akhir dari program.
Membuat Flowchart Dengan Software DIA
Reviewed by Daniel Pandapotan Simorangkir
on
6:04 PM
Rating:
Bagus sekali !
ReplyDeleteartikelnya bermanfaat sekali kang :)
bisa menjadi referensi untuk saya.
Mohon kunjungan balik ya Klik Disini
TeknikKu-pedia | TeknikKu-pedia
=== TeknikKu-pedia | Cirebon-pedia ===
Cirebon-pedia