Gunadarma Studentsite News

Membuat Flowchart Dengan Software DIA


            Dalam artikel kali ini saya akan memberikan petunjuk untuk mempelajari tentang dasar - dasar komponen pada software DIA dan juga cara membuat suatu diagram flowchart pada DIA. Kali ini akan menjelaskan cara pembuatan flowchart luas segitiga dan flowchart peminjaman buku.
  
1. Flowchart Luas Segitiga

  1. Klik File → New



Tampilan awal









  1. Pada toolbox yang berada disebelah kiri, pilih menu Flowchart



  1.  klik pada gambar / terminal interrupt lalu tuliskan “Start”.






  1. klik pada gambar          / input output lalu tuliskan “Input A, T”.


 
  1. klik pada gambar          / process lalu tuliskan “Luas = A * T * 0.5”.



  1. klik pada gambar          / input output lalu tuliskan “Print Luas”.



  1. klik pada gambar          / terminal interrupt lalu tuliskan “End”.



  1. Terakhir buatlah garis untuk menghubungkan bentuk-bentuk nya. Dengan cara tekan tombol L pada keyboard atau dengan cara klik gambar          pada toolbox.
 
Flowchart Luas Segitiga




Logika Pemrograman Flowchart Luas Segitiga


  1.  = Terminal intterupt, ini berfungsi untuk memulai / mengakhiri sebuah program, dalam flowchart simbol ini sangat lah perlu digunakan. Dan biasanya ditulis Start pada awal program dan End pada akhir program.

  1.  = Input / Output, simbol berbentuk jajar genjang ini berfungsi sebagai Input dan Output program, pada flowchart kali ini, input nya adalah A dan T, A sebagai Alas dan T sebagai tinggi dari segitiga. Dan Outputnya adalah Luas. Output adalah hasil keluaran dari input yang sudah di proses.

  1.  = Process, simbol berbentuk persegi panjang ini berfungsi sebagai pemrosesan dari Input program. Proses yang dilakukan dalam flowchart ini adalah Alas dan Tinggi, yang menggunakan variabel Luas. Dan digunakan untuk meletakan proses perhitungan luas segitiga.





2. Flowchart Peminjaman Buku
Logika Pemrograman Peminjaman Buku

            Pada flowchart peminjaman buku ini diagram yang digunakan hanyalah 3 diagram yaitu Terminal interrupt, Process, dan Decision. Diagram process pada flowchart kali ini adalah memproses suatu kalimat alur flowchart.

  1. Diagram yang pertama dibuat adalah diagram bertuliskan Start yang dipergunakan untuk memulai suatu program


  1. Diagram kedua dan ketiga adalah diagram process “Masuk keperpustakaan” dan “Menunjukan Kartu Identitas”. Jika keduanya terpenuhi maka lanjut ke diagram berikutnya.




  1. Selanjutnya adalah diagram Decision, Decision yang berbentuk belah ketupat ini dipergunakan sebagai kotak keputusan yang harus memiliki logika TRUE / FALSE dalam sebuah keputusan, dalam program kali ini saya menuliskan “Memiliki Kartu Identitas” disertakan dengan alur keputusan Ya dan Tidak. Jika kondisinya tidak terpenuhi, maka melakukan proses “Mencari buku yang ingin di pinjam” dan jika kondisi tidak terpenuhi, alur “Tidak” akan langsung menuju akhir program / End.




  1. Ketika langkah mencari buku sudah diproses, langkah selanjutnya adalah diagram decision “Tersedianya buku” jika buku yang diinginkan tidak tersedia maka alur akan melanjutkan ke “Mencari buku yang ingin dipinjam” dan jika buku tersedia maka alur akan melanjutkan ke “Memberikan buku dan kartu member”.
  2. Selanjutnya adalah proses “Memberikan buku dan kartu member” dan kemudian ke alur diagram decision “Memiliki Kartu Member” jadi jika ingin meminjam buku, diharuskan membuat kartu member. Jika tidak memiliki maka melanjutkan ke proses “Membuat Kartu Member”.
 


  1. Dan jika kondisi menunjukan “Ya” akan melanjutkan ke proses “Petugas mencatat nama peminjam, jenis buku, tanggal peminjaman, dan tanggal pengembalian, lalu ke proses “petugas memberikan buku kepeminjam” dan yang terakhir adalah diagram End. End adalah diagram terminal interrupt yang menandakan akhir dari program.


Membuat Flowchart Dengan Software DIA Membuat Flowchart Dengan Software DIA Reviewed by Daniel Pandapotan Simorangkir on 6:04 PM Rating: 5

1 comment:

  1. Bagus sekali !
    artikelnya bermanfaat sekali kang :)
    bisa menjadi referensi untuk saya.

    Mohon kunjungan balik ya Klik Disini

    TeknikKu-pedia | TeknikKu-pedia

    === TeknikKu-pedia | Cirebon-pedia ===

    Cirebon-pedia

    ReplyDelete

Theme images by fpm. Powered by Blogger.