Gunadarma Studentsite News

OUTBREAK!

Artikel kali ini saya membahas lagi sebuah film yang berjudul “Outbreak”. Film yang di sutradarai oleh Wolfgang Petersen dan penulisnya yaitu Laurence Dworet dan Robert Roy Pool. Menurut saya film Ini membuat kenyataan film untuk di tonton tidak hanya sebagai hiburan murni tetapi juga sebuah film yang melibatkan pengetahuan tentang sebuah virus pada Juli tahun 1967 di daerah Motaba River Valley, Zaire di Afrika dinamakan Virus Motaba. Virus yang sangat mematikan ini hanya dalam waktu 3 hari orang yang terinfeksi akan mati. Maka untuk menghentikan penyebarannya di jatuhkannya bom nuklir atas perintah Jenderal Donald McClintock (Donald Sutherland). Lalu 27 tahun kemudian di 1994 terjadi lagi kejadian lain Virus Motaba ini dibawa ke Amerika Serikat oleh monyet kecil yang diselundupkan dengan perahu. Virus ini kemudian menginfeksi banyak orang dan bermutasi sehingga melalui udara pun bisa terinfeksi. Ini menyebar seperti flu, ilmuwan-ilmuwan Sam Daniels (Dustim Hoffman), Robby (Rene Russo), dan Casey (Kevin Spacey) sebagai dokter yang brilian dan humoris serta ditambahkan oleh seorang mayor Salt (Cuba Gooding Jr.). Jendral Billy Ford (Morgan Freeman) dan Jenderal Donald McClintock (Donald Sutherland) tampaknya menikmati materi kejadian ini dan yang akhirnya saya tertarik ketika mereka tidak sependapat di akhir film.
Monyet kecil yang di selundupkan dengan perahu ini berkeliaran sehingga bertemu dengan seorang pria bernama Jimbo (Patrick Dempsey) dan dibawanya untuk dijual ke toko hewan. Tetapi saat monyet kecil ini di kandangi dan diberi sebuah botol berisi air monyet ini menyemprotkannya kepada Jimbo dan terjadilah infeksi yang tidak disadarkannya. Saat di toko hewan ini monyet ini juga mencakar si pemilik toko dan menyisahkan sebuah pisang dan diambilnya oleh monyet lainnya dan terjadinya sebuah infeksi lagi. Namun karena monyet ini melukai si pemilik toko maka dia menolaknya dan ingin membebaskan monyet kecil ini ke hutan tetapi itu mengakibatkan menyebarnya wabah ini semakin meluas.
Setelah beberapa jam kemudian Jimbo melakukan penerbangan untuk bertemu kekasihnya tetapi terlihat Jimbo seperti orang sakit dan sebenarnya memang sakit. Mereka melakukan kontak fisik juga dan mengakibatkan juga infeksi terhadap kekasihnya.
Lalu ada seorang ilmuwan lagi yang sedang meneliti tetapi dia tidak fokus terhadapnya malah membuat kecelakaan dalam penelitiannya. Sebuah virus lagi muncul di kota Boston tetapi ini yang sangat menyeramkan tidak ada kontak fisik tetapi melalui udara virus ini juga menyerang.
Wabah pun semakin menyebar luas dan para ke-4 ilmuwan ini tidak tinggal diam mereka mendatangi kota Boston untuk meneliti lebih lanjut. Sampai mereka mendapatkan obat penangkalnya atau serum untuk virus ini. Serum ini didapatnya hanya dari si inangnya virus ini yaitu monyet kecil yang dilepaskan di hutan.
Sam Daniels yang akhirnya mendapatkan serum untuk menyembuhkan virus ini dan ingin menyembuhkan orang-orang yang terinfeksi di kota Boston tetapi Jenderal Donald McClintock ingin mengkarantina saja dari pada harus membuang-buang serum ini untuk penduduk yang banyak di kota Boston. Terjadilah konflik antara bawahan si Jenderal dan Sam Daniels untuk mencegah membom nuklir kota tersebut. Sam Daniels akhirnya dapat mencegahnya dan dapat memenuhi keinginannya untuk menyembuhkan kota Boston dan juga pasangannya ini Robby.
Tetapi sebenarnya ketika saya menonton film ini saya mengharapkan film tentang virus dan biologikan seutuhnya, tapi kemudian berubah menjadi seperti film militer lainnya. Tetapi dengan karakter-karakter yang baik. Mereka berjalan dengan baik bersama-sama dan kita bisa mengenal mereka. Ada campuran yang baik dari berbagai jenis karakter dan hubungan sehingga mereka dapat menambahkan humor, unsur dramatis dan yang mereka perankan akan membuatnya lebih baik. Film ini juga lebih ke sinematografi. Hal ini cukup santai, tidak terlalu rumit atau berlebihan. Dengan konflik antara yang berbeda pendapat dengan cukup baik.

Moral yang dapat kita ambil adalah kita harus berusaha apapun yang terjadi untuk melakukan sesuatu jikalau kita masih bisa mendapatkannya walaupun mempertaruhkan nyawa misalnya itu harus dan ktia harus berjaga-jaga dengan orang yang terlihat sakit seperti flu
.
OUTBREAK! OUTBREAK! Reviewed by Daniel Pandapotan Simorangkir on 4:59 PM Rating: 5

1 comment:

Theme images by fpm. Powered by Blogger.