Gunadarma Studentsite News

N-Shinju Toko Mutiara


      Sewaktu sedang mengikuti event Ennichisai di Blok-M saya melihat sebuah toko yang menurut saya beda dari yang lain. Toko yang menurut saya cukup menarik ini lah yang menjadi alasan saya menjadikan bahasan artikel saya kali ini. saya pun berkesempatan untuk mewanwancarai Tanya, store manager dari N-Shinju dan mendapat kuliah singkat mengenai Mutiara.

         N-SHINJU, adalah sebuah toko perhiasan yang khusus menjual mutiara. Itulah yang membuat toko ini menarik di banding toko-toko perhiasan yang lain yang berjejer di BlokM Square. Saat mampir ke toko inilah untuk pertama kalinya saya melihat mutiara. Biasanya sih sering melihat orang pakai mutiara tapi itu pun tidak tahu mutiaranya asli atau palsu.

        Nama N-shinju di ambil dari nama Ownernya yang berinisial 'N', dan Shinju di ambil dari bahasa Jepang yang artinya mutiara. Menurut Tanya (store manejer) customer toko ini kebanyakan orang Jepang, “bisa dibilang 80% Jepang, sih.” Ujarnya.

         Toko ini meangambil mutiara dari laut Indonesia,kebetulan mereka memiliki 3 buah tempat penangkaran atau budidaya mutiara sendiri. “Awalnya sih produksi dari lokasi kami kirim 100% ke Jepang, tapi atasan kami mendapat ide untuk buka toko di Blok M karena banyak orang Jepang yang ingin menjadikan mutiara sebagai cinderamata saat mereka pulang kampung, kan orang Jepang hobby banget mutiara tuh.” Katanya. Lokasi budidayanya sendiri berada di Papua(Raja Ampat), Sumbawa(Tanjung Belo), dan Flores(Labuan Bajo).

       Yang menjadi keunikan N-Shinju adalah store manejernya yang bercosplay, saya sempat bertanya “ini mbak cosplay karena ada event Jepang gitu mbak?” tapi wanita yang memakai yukata (kimono musim panas) itu menjawab “nggak mas, saya emang hobby cosplay. Disini tiap sabtu minggu saya pasti cosplay” katanya di iringi tawa.

       Toko ini menjual mutiara lepasan atau loose pearl, karena mereka ingin agar konsumen berkreasi sendiri dengan mutiara yang disukainya. Harga mutiara yang di jual pun beraneka ragam, yang paling murah sekitar 100ribu sampai 7jutaan sebutir. Ternyata mutiara semahal itu yah, pikir saya. “iya lah mas, kalau murah mah mutiara palsu dong”. mutiara yang 100ribu sangat berbeda dengan yang 7jutaan. Yang 100ribu bentuknya tidak karuan, saya pun bertanya yang 100ribu itu biasanya di jadikan apa? Dan store manejernya menjawab “kalau bagus bisa di akalin kadang jadi liontin juga bisa, tapi biasanya sih lebih sering di jadiin gantungan HP, lumayan lah buat oleh2”

      Toko yang beralamat di BlokM Square Lt.UG blok C nomer 169 ini buka dari hari selasa sampai minggu mulai pukul 13.00 sampai 19.00 melayani customer berbahasa Jepang dan Inggris juga. Sebelum pergi, saya memutuskan untuk membeli oleh2 untuk Ibu saya sebuah gantungan HP mutiara.

Terimakasih sudah membaca

(untuk pembahasan soal mutiara akan saya bahas di artikel selanjutnya)
N-Shinju Toko Mutiara N-Shinju Toko Mutiara Reviewed by Daniel Pandapotan Simorangkir on 9:12 AM Rating: 5

1 comment:

Theme images by fpm. Powered by Blogger.