Gunadarma Studentsite News

RESUME KELOMPOK 4

RESUME [ KELOMPOK 4 ] " KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI "

        Komunikasi adalah suatu proses dimana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi atau masyarakat menciptakan dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain.

        Dalam melakukan komunikasi harus bisa berkomunikasi dengan lancar kepada orang lain dan harus berlatih agar terbiasa berbicara menyampaikan sesuatu kepada orang lain dan di depan orang lain.

        Dalam melakukan berkomunikasi bisa dilakukan dengan 2 cara :
- Komunikasi Internal : Proses komunikasi pertukaran gagasan antara para pengurus dan anggota dalam ruang lingkup suatu organisasi.
- Komunikasi Eksternal : Proses komunikasi yang terjadi di antara pengurus dan suatu organisasi dengan orang atau masyarakat umum.

         Komunikasi di organisasi biasanya meliputi antar atasan (pemimpin) dan bawahan (anggota) yang disebut sebagai komunikasi vertikal, dan antar atasan dengan atasan maupun bawahan dengan bawah yang disebut sebagai komunikasi horisontal, dan antar atasan ke atasan serta ke bawahan dengan bawahan yang disebut sebagai komunikasi diagonal.

         Ada 6 gaya komunikasi dalam organisasi yaitu, :
1. The Controlling Style
2. The Equalitarian Style
3. The Structuring Style
4. The Dynamic Style
5. The Relinguishing Style
6. The Withdrawal Style, dalam gaya ini dijelaskan sering sekali terjadi di dalam budaya Indonesia ini maksudnya gaya komunikasi yang menghindari keterlibatan dalam persoalan. Ciri khas gaya ini adalah menghindari masalah, bukan menyelesaikan masalah. Karena itu, gaya komunikasi semacam ini dinilai tidak layak diterapkan dalam sebuah organisasi.
RESUME KELOMPOK 4 RESUME KELOMPOK 4 Reviewed by Daniel Pandapotan Simorangkir on 1:56 PM Rating: 5

No comments:

Theme images by fpm. Powered by Blogger.