Gunadarma Studentsite News

Grafik Komputer dan Pengolahan Citra

Grafik Komputer

Grafik Komputer adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan, penyimpanan,  manipulasi gambar (visual) secara digital. Istilah dari “Computer Graphic” dikemukakan pada tahun 1960 yaitu oleh William Fetter, dimulai model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik. Bentuknya dapat berupa grafika 2D namun seiring berjalannya waktu kemudian berkembang menjadi grafika 3D, Grafik Komputer sering dikenali juga dengan istilah visualisasi data.
Berikut ini bidang aplikasi tertentu dari grafika computer:
-          Antara muka pengguna (Graphical User Interface – GUI)
-          Peta (Cartography)
-          Kesehatan
-          Perangan Objek (Computer Aided Design – CAD)
-          Sistem multimedia
-          Presentasi grafik
-          Presentasi saintifik
-          Pemrosesan citra
-          Simulasi
Pembagian bidang ilmu grafik computer yaitu meliputi bagian seperti:
-          Geometri: mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
-          Animasi: mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
-          Rendering: mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
-          Citra (Imaging): mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.

Pengolahan Citra

Sebelumnya kita membahasa definisi dasarnya terlebih dahulu, Citra adalah gambar dua dimensi yang dihasilkan gambar analog dua dimensi yang kontinu menjadi gambar diskrit melalui proses sampling. Gambar analog dibagi menjadi N baris dan M kolom sehingga menjadi gambar diskrit. Persilangan antara baris dan kolom itu yang disebut dengan piksel yang menjadi terlihat seperti kotak/persegi. Selanjutnya Sampling adalah proses untuk menentukan warna pada piksel tertentu pada citra dari sebuah gambar yang kontinu.
Maka dapat disimpulkan pengertian dari Pengolahan Citra adalah salah satu cabang dari ilmu informatika yang berkutat pada usaha untuk melakukan transformasi suatu citra/gambar menjadi citra lain dengan menggunakan teknik tertentu.
Operasi pengolahan Citra yang dilakukan untuk mentransformasikan suatu citra menjadi citra lain yang dapat dikategorikan berdasarkan tujuan transformasi maupun cakupan operasi yang dilakukan terhadap citra tersebut.
Berdasarkan tujuan transformasi operasi pengolahan citra dikategorikan sebagai berikut :
·         Peningkatan Kualitas Citra (Image Enhancement), bertujuan untuk meningkatkan fitur tertentu pada citra.
·         Pemulihan Citra (Image Restoration), bertujuan untuk mengembalikan kondisi citra pada kondisi yang diketahui sebelumnya akibat adanya pengganggu yang menyebabkan penurunan kualitas citra.
Berdasarkan cakupan operasi yang dilakukan terhadap citra, Operasi pengolahan citra dikategorikan sebagai berikut :
·         Operasi titik, yaitu operasi yang dilakukan terhadap setiap piksel pada citra yang keluarannya hanya ditentukan oleh nilai piksel itu sendiri.
·         Operasi area, yaitu operasi yang dilakukan terhadap setiap piksel pada citra yang keluarannya dipengaruhi oleh piksel tersebut dan piksel lainnya dalam suatu daerah tertentu. Salah satu contoh dari operasi berbasis area adalah operasi ketetanggaan yang nilai keluaran dari operasi tersebut ditentukan oleh nilai piksel-piksel yang memiliki hubungan ketetanggaan dengan piksel yang sedang diolah.
·         Operasi global, yaitu operasi yang dilakukan tehadap setiap piksel pada citra yang keluarannya ditentukan oleh keseluruhan piksel yang membentuk citra.

Alat bantu matematika yang sering dipakai dalam pengolahan citra adalah sebagai berikut :
  • Statistik inheren
  • Konvolusi
  • Transformasi Fourier
  • Representasi Kontur
Referensi :




Grafik Komputer dan Pengolahan Citra Grafik Komputer dan Pengolahan Citra Reviewed by Daniel Pandapotan Simorangkir on 4:18 AM Rating: 5

No comments:

Theme images by fpm. Powered by Blogger.