Grafik Komputer
Grafik Komputer adalah bagian
dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan, penyimpanan, manipulasi gambar (visual) secara digital.
Istilah dari “Computer Graphic” dikemukakan
pada tahun 1960 yaitu oleh William Fetter, dimulai model animasi dengan menampilkan
simulasi efek fisik. Bentuknya dapat berupa grafika 2D namun seiring
berjalannya waktu kemudian berkembang menjadi grafika 3D, Grafik Komputer
sering dikenali juga dengan istilah visualisasi data.
Berikut ini bidang aplikasi
tertentu dari grafika computer:
-
Antara muka pengguna (Graphical User Interface –
GUI)
-
Peta (Cartography)
-
Kesehatan
-
Perangan Objek (Computer Aided Design – CAD)
-
Sistem multimedia
-
Presentasi grafik
-
Presentasi saintifik
-
Pemrosesan citra
-
Simulasi
Pembagian bidang ilmu grafik computer
yaitu meliputi bagian seperti:
-
Geometri: mempelajari cara menggambarkan
permukaan bidang
-
Animasi: mempelajari cara menggambarkan dan
memanipulasi gerakan
-
Rendering: mempelajari algoritma untuk
menampilkan efek cahaya
-
Citra (Imaging):
mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
Pengolahan Citra
Sebelumnya kita membahasa
definisi dasarnya terlebih dahulu, Citra adalah gambar dua dimensi yang
dihasilkan gambar analog dua dimensi yang kontinu menjadi gambar diskrit
melalui proses sampling. Gambar analog dibagi menjadi N baris dan M kolom
sehingga menjadi gambar diskrit. Persilangan antara baris dan kolom itu yang
disebut dengan piksel yang menjadi terlihat seperti kotak/persegi. Selanjutnya Sampling adalah
proses untuk menentukan warna pada piksel tertentu pada citra dari sebuah
gambar yang kontinu.
Maka
dapat disimpulkan pengertian dari Pengolahan Citra adalah salah satu cabang
dari ilmu informatika yang berkutat
pada usaha untuk melakukan transformasi suatu citra/gambar menjadi citra lain
dengan menggunakan teknik tertentu.
Operasi
pengolahan Citra yang dilakukan untuk mentransformasikan suatu citra menjadi
citra lain yang dapat dikategorikan berdasarkan tujuan transformasi maupun
cakupan operasi yang dilakukan terhadap citra tersebut.
Berdasarkan tujuan transformasi operasi pengolahan citra
dikategorikan sebagai berikut :
·
Peningkatan Kualitas
Citra (Image Enhancement), bertujuan untuk meningkatkan fitur tertentu
pada citra.
·
Pemulihan Citra (Image
Restoration), bertujuan untuk mengembalikan kondisi citra pada kondisi yang
diketahui sebelumnya akibat adanya pengganggu yang menyebabkan penurunan
kualitas citra.
Berdasarkan cakupan operasi yang dilakukan terhadap citra,
Operasi pengolahan citra dikategorikan sebagai berikut :
·
Operasi titik, yaitu
operasi yang dilakukan terhadap setiap piksel pada citra yang keluarannya hanya
ditentukan oleh nilai piksel itu sendiri.
·
Operasi area, yaitu
operasi yang dilakukan terhadap setiap piksel pada citra yang keluarannya
dipengaruhi oleh piksel tersebut dan piksel lainnya dalam suatu daerah tertentu.
Salah satu contoh dari operasi berbasis area adalah operasi ketetanggaan yang
nilai keluaran dari operasi tersebut ditentukan oleh nilai piksel-piksel yang
memiliki hubungan ketetanggaan dengan piksel yang sedang diolah.
·
Operasi global, yaitu
operasi yang dilakukan tehadap setiap piksel pada citra yang keluarannya
ditentukan oleh keseluruhan piksel yang membentuk citra.
Alat bantu matematika yang sering
dipakai dalam pengolahan citra adalah sebagai berikut :
- Statistik inheren
- Konvolusi
- Transformasi Fourier
- Representasi Kontur
Referensi :
Grafik Komputer dan Pengolahan Citra
Reviewed by Daniel Pandapotan Simorangkir
on
4:18 AM
Rating:
No comments: