5 Contoh Media Sosial dan Analisanya
5 Contoh Media Sosial dan Komunitas Yang Terbentuk Serta Aktivitas Yang Dilakukan
Dampak Positif dan Negatif Yang Terjadi Dalam Media Sosial
Ilustrasi Yang Populer Dalam Media Sosial Dipublikasikan
workbook.com
1. Facebook
Facebook yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini
berkantor pusat di Menlo Park Kalifornia dan telah menjadi Perusahaan Terbuka
(Tbk) pada tahun 2012 dengan pendapatan US$7,87 Miliar di tahun 2013. Beberapa
perusahaan Teknologi yang diakuisi oleh Facebook diantaranya seperti Instagram,
Whatsapp, Oculus VR dan PrivateCore. Negara asal Amerika Serikat, Tahun Berdiri
2004 dengan nama Website yaitu Facebook.com.
Salah satu yang menjadi fitur unggulan terbaru
facebook ialah video ulang tahun. Menurut Facebook, fitur ini dapat disesuaikan
dengan menggabungkan pesan yang telah kamu terima dari teman, keluarga, dan
foto yang ditag pada saat hari ulang tahun kamu. Lebih jelasnya, satu hari
setelah ulang tahun kamu, kamu bisa melihat video berdurasi 45 detik yang
menampilkan kue ulang tahun dengan lilin yang menyala sebagai pembukaan video.
Kemudian video dilanjutkan dengan postingan ulang tahun dan foto dari
teman-teman kamu. Video tersebut akan muncul di cerita News Feed yang
mengucapkan selamat hari ulang tahun dari Facebook. Setelah muncul, kamu dapat
memilih untuk membagikan video tersebut ke timeline kamu untuk mengucapkan
terima kasih kepada teman-teman lain. Jika tidak tertarik untuk mensharenya
dengan yang lain, ada opsi untuk menikmati video secara pribadi. Apabila tidak
puas dengan isi videonya, kamu dapat mengubah foto dan postingan di dalam video
sebelum men-share videonya.
Aktivitas terbanyak yang dapat dilakukan dengan
Facebook ialah mengirimkan pesan privat pada teman Facebook, memperbarui status
profil, menjelajahi konten di profil Facebook orang lain, unggah foto, berjualan
dan bermain game.
2. Qzone
Qzone adalah situs Jejaring Sosial yang dibuat oleh
perusahaan China yaitu Tencent Holding Limited pada tahun 2005. Meskipun merupakan
Jejaring Sosial yang memiliki pengguna aktif terbanyak kedua di dunia, Namun
Qzone hanya terkenal di China dengan sebagian besar penggunanya adalah Warga
Negara China. Negara asal China, Tahun Berdiri 2005 dengan nama Website yaitu
qzone.qq.com.
Yang menjadi fitur unggulan dari Qzone ialah Own Space
Decoration dan Background Music. Di Qzone Pengguna dapat mengatur latar
belakang ruang mereka sendiri. pengguna biasa (gratis) dapat menggunakan latar
belakang dengan pilihan yang terbatas, sementara pengguna berbayar atau
"Yellow diamond" pengguna dapat menggunakan latar belakang yang lebih
banyak pilihannya. Pengguna dapat mengatur gayanya sendiri masing-masing. Di
Qzone Pengguna juga dapat mengatur musik latar belakang. Ada dua versi, yang
ditujukan untuk "Green Diamond" atau pengguna berbayar dan pengguna
biasa (gratis). Dalam "Green Diamond" versi pengguna dapat menikmati
musik latar belakang yang tersedia di Qzone dengan berbagai pilihan. Sedangkan pengguna
biasa harus meng-upload musik online, namun dengan kualitas yang lebih rendah.
Aktivitas terbanyak yang dapat dilakukan dengan Qzone
adalah mengunggah foto, bermain game atau aplikasi, mencari informasi di
halaman Tencent dan mengunggah bakat dan keahlian mereka.
3. Google+
Google+ atau Google Plus merupakan produk dari
perusahaan Raksasa Internet Google Inc. yang didirikan oleh Larry Page dan
Sergey Brin. Google Plus merupakan salah satu situs Jejaring sosial yang
memiliki perkembangan terpesat, hanya dalam jangka waktu 3 tahun telah berhasil
menarik 343 juta pengguna aktif. Hal ini sebenarnya memiliki keterkaitan yang
kuat dengan semakin popularnya sistem operasi untuk ponsel yaitu Android dan
juga posisi kuat Google dalam Mesin Pencari (Search Engine). Negara asal Amerika
Serikat, diluncurkan pada tahun 2011 dengan nama website yaitu plus.google.com.
Yang menjadi fitur unggulan dari Google+ adalah pertama,
kemampuan untuk menambahkan foto dan link pada kolom komentar, seperti dilansir
melalui Google+, Rabu, 31 Agustus 2016. Pengguna dapat memasukkan foto dan link
tambahan dalam kolom komentar, sehingga semua informasi mengenai aktifitasnya
yang terunggah di situs atau jejaring lain bisa ditambahkan langsung pada kolom
komentar.
Kedua, terdapat pusat notifikasi baru dimana pengguna
dapat melihat seluruh aktifitas terbaru mereka di Google+.
Ketiga, fitur moderasi untuk komunitas. Fitur ini
memungkinkan pengguna menyetujui postingan yang masuk pada akun komunitas.
Pengguna dapat bertindak sebagai moderator untuk menyetujui atau menolak
kiriman komentar, foto atau postingan lainnya dalam akun komunitas.
Fitur Automatic
Circles juga menjadi salah satu fitur unggulan dari Google+. Fitur ini
memungkinkan kita untuk mengelompokkan teman-teman kita, misalnya untuk
kenalan, teman kampus, keluarga, dll. Jadi saat update status, kita bisa
memilih siapa saja yang dapat melihat status kita.
Aktivitas terbanyak yang dapat dilakukan dengan
Google+ adalah update status, menjelajahi konten di google+ (collection) orang
lain. Bergabung di komunitas dan membagikan apa pendapat mereka, dan mengirimkan
pesan privat pada teman.
4. Twitter
Twitter merupakan situs Jejaring Sosial yang hanya
mengizinkan para penggunannya megirimkan dan membaca teks sebanyak 140
karakter, pesan singkat Twitter ini sering disebut dengan Tweets atau kicauan.
Twitter yang didirikan oleh Jack Dorsey, Evan Williams, Biz Stone dan Noah
Glass pada tahun 2006 ini telah menjadi perusahaan terbuka pada tahun 2013
denganpendapatan US$664 Juta pada tahun 2013. Berasal dari Negara Amerika
Serikat, berdiri pada tahun 2006 dengan nama website yaitu twitter.com.
Yang menjadi fitur unggulan dari Twitter adalah Group
Direct Message dan berbagi video asli ataupun edit. Pengguna dapat berbagi
pesan pribadi secara kelompok (Group Direct Message) langsung ke beberapa
followers pengguna di twitter. Hal ini terinspirasi dari Whatsapp dan aplikasi
messaging lainnya. Seperti yang telah dilansir oleh www.mashable.com, Dick
Costolo, selaku CEO Twitter. Untuk memperkuat inti produk Twitter yaitu dengan
membuat lebih mudah bagi pengguna untuk bergerak lebih lancar antara percakapan
publik yang terjadi di mana-mana di Twitter dan percakapan pribadi antara pengguna
dan teman pengguna atau dan beberapa teman pengguna lainnya.
Dengan fitur video, pengguna dapat berbagi pesan video
kepada follower yang berdurasi 30-detik panjangnya, serta pengguna dapat
mengambil gambarnya secara langsung dari aplikasi twitter ataupun upload dari
galeri handphone. Jadi, sekarang bukan hanya berbagi gambar saja tapi sekarang
juga bisa berbagi video gokil dan seru kepada followers di twitter dan juga
bisa chatting sama geng Anda melalui akun twitter.
Aktivitas terbanyak yang dapat dilakukan dengan
Twitter adalah update kicauan (status), Twitter dimanfaatkan sebagai sarana
protes, untuk menunjukkan apresiasi terhadap figur public atau lainnya dan
unggah foto atau video.
5. Instagram
Instagram adalah situs Jejaring sosial yang
memperbolehkan penggunanya untuk mengambil Foto atau Video dan mengolahnya
dengan berbagai filter digital kemudian membagikannya kebeberapa jejaring
sosial lainnya seperti Facebook, Twitter, Tumblr, Flickr dan tentunya Instagram
itu sendiri. Situs Jejaring Sosial yang hanya terdapat di sistem operasi iOS
Apple dan Android Google ini telah diakuisisi oleh Facebook pada tahun 2012 seharga
US$ 1 Miliar. Berasal dari Negara Amerika Serikat, berdiri pada tahun 2010
dengan nama website yaitu instagram.com.
Yang menjadi fitur unggulan dari Instagram adalah mampu
memotong foto menjadi bentuk persegi, tidak lagi dengan rasio 4:3. Mempunyai editor
yang memiliki banyak filter, sehingga foto-foto dapat disajikan lebih menarik.
Filter-filter tersebut antara lain X-Pro II, Lomo-fi, Earlybird, Sutro,
Toaster, Brannan, Inkwell, Walden, Hefe, Nashville, 1977, dan Lord Kelvin.
Filter yang relatif baru adalah Valencia, Amaro, Rise, dan Hudson. Fitur tilt-Shift
yakni berfungsi untuk mengaburkan atau memburamkan bagian sekeliling obyek yang
menjadi fokus. Bentuknya ada dua, persgi dan lingkaran. Fitur Geotagging, yaitu
fitur yang dapat mendeteksi lokasi tempat pengambilan foto atau lokasi
pengguna. Foto tidak hanya dapat dibagi dengan sesama pengguna Instagram, juga
ke pengguna jejaring sosial lainnya seperti Facebook, Twitter, Foursquare,
Tumblr, atau Flickr karena dapat terintegrasi ke jejaring social lainnya. Dan
fitur terbarunya adalah mengabadikan moment suatu cerita dalam profilnya.
Aktivitas terbanyak yang dapat dilakukan dengan
Instagram adalah mengunggah foto dan video, membagikan suatu cerita dari sebuah
foto atau video, dan berjualan.
1. Facebook
Facebook yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini
berkantor pusat di Menlo Park Kalifornia dan telah menjadi Perusahaan Terbuka
(Tbk) pada tahun 2012 dengan pendapatan US$7,87 Miliar di tahun 2013. Beberapa
perusahaan Teknologi yang diakuisi oleh Facebook diantaranya seperti Instagram,
Whatsapp, Oculus VR dan PrivateCore. Negara asal Amerika Serikat, Tahun Berdiri
2004 dengan nama Website yaitu Facebook.com.
Komunitas yang terbentuk di Facebook ini ada berbagai
macam, dan hamper semua jenis topik ada Facebook ini.
Aktivitas yang dilakukan dalam komunitas di Facebook
ini, dapat berupa berbagi pengetahuan tentang apa yang menjadi topik komunitas
tersebut dengan mengunggah foto, video maupun dalam bentuk tulisan, dan dapat
menggunakan fitur untuk membentuk suatu jadwal pertemuan di dalam komunitas
tersebut.
2. Qzone
Qzone adalah situs Jejaring Sosial yang dibuat oleh
perusahaan China yaitu Tencent Holding Limited pada tahun 2005. Meskipun
merupakan Jejaring Sosial yang memiliki pengguna aktif terbanyak kedua di
dunia, Namun Qzone hanya terkenal di China dengan sebagian besar penggunanya
adalah Warga Negara China. Negara asal China, Tahun Berdiri 2005 dengan nama Website
yaitu qzone.qq.com.
Komunitas yang terbentuk di Qzone juga sama memliki
berbagai macam komunitas virtual dengan beragam topik yang terbentuk.
Aktivitas utuk menulis blog atau cerita yang ingin
dibagikan kedalam komunitasnya, mengunggah tulisan, foto serta video. Kebanyakan
layanan Qzone tidak tersedia gratis. Penggguna baru bisa mempergunakan layanan
tambahan tanpa membayar lagi setelah membeli Canary Diamond. Versi mobile pun
tersedia, tetapi juga dengan biaya ekstra.
3. Google+
Google+ atau Google Plus merupakan produk dari
perusahaan Raksasa Internet Google Inc. yang didirikan oleh Larry Page dan
Sergey Brin. Google Plus merupakan salah satu situs Jejaring sosial yang
memiliki perkembangan terpesat, hanya dalam jangka waktu 3 tahun telah berhasil
menarik 343 juta pengguna aktif. Hal ini sebenarnya memiliki keterkaitan yang
kuat dengan semakin popularnya sistem operasi untuk ponsel yaitu Android dan
juga posisi kuat Google dalam Mesin Pencari (Search Engine). Negara asal Amerika
Serikat, diluncurkan pada tahun 2011 dengan nama website yaitu plus.google.com.
Komunitas di Google+ pun juga sama memiliki beragam
topik yang dibentuk menjadi suatu komunitas.
Aktivitas yang ada dalam komunitas di Google+ yaitu
banyak anggota-anggota lebih kebanyakan mengunggah foto dan tulisan untuk
dibagikan ke komunitasnya. Apabila pengguna mendapatkan komunitas yang
diingininya dapat melakukan follow (ikuti) maka apa yang akan terposting di
komunitas tersebut akan muncul di timeline pengguna Google+
4. Twitter
Twitter merupakan situs Jejaring Sosial yang hanya
mengizinkan para penggunannya megirimkan dan membaca teks sebanyak 140
karakter, pesan singkat Twitter ini sering disebut dengan Tweets atau kicauan.
Twitter yang didirikan oleh Jack Dorsey, Evan Williams, Biz Stone dan Noah
Glass pada tahun 2006 ini telah menjadi perusahaan terbuka pada tahun 2013
denganpendapatan US$664 Juta pada tahun 2013. Berasal dari Negara Amerika
Serikat, berdiri pada tahun 2006 dengan nama website yaitu twitter.com.
Komunitas yang terbentuk di Twitter ini cenderung
membahas tentang informasi-informasi yang dibutuhkan oleh pengguna, contohnya
komunitas kelas mahasiswa gunadarma.
Aktivitas yang dilakukan di komunitas tersebut ialah
mengunggah suatu informasi-informasi berupa foto, video atau juga tulisan dan
dilakukan oleh salah satu admin atau pemegang akun komunitas tersebut. Dan
pengikut (follower) komunitas bisa juga dapat menanyakan langsung kepada admin
komunitas tersebut.
5. Instagram
Instagram adalah situs Jejaring sosial yang
memperbolehkan penggunanya untuk mengambil Foto atau Video dan mengolahnya dengan
berbagai filter digital kemudian membagikannya kebeberapa jejaring sosial
lainnya seperti Facebook, Twitter, Tumblr, Flickr dan tentunya Instagram itu
sendiri. Situs Jejaring Sosial yang hanya terdapat di sistem operasi iOS Apple
dan Android Google ini telah diakuisisi oleh Facebook pada tahun 2012 seharga
US$ 1 Miliar. Berasal dari Negara Amerika Serikat, berdiri pada tahun 2010
dengan nama website yaitu instagram.com.
Komunitas yang ada di Instagram sama juga seperti yang
ada di Twitter kareng menggukan fitur ‘follow’. Tetapi komunitas yang ada di
Instagram memiliki berbagai macam topik yang dibahas.
Aktivitas yang dilakukan di komunitas yang ada di
Instagram ini dapat berupa mengunggah suatu foto atau video tetapi lebih banyak
foto. Setelah admin mengunggah suatu informasi tersebut pengguna-pengguna yang
mengikuti komunitas tersebut juga langsung dapat mengkomentari apa yang di
unggah tersebut bukan secara langsung ke admin.
Þ
Dampak
Positif dari Media Sosial
·
Media Bersifat gratis
·
Memudahkan kita membentuk jaringan sosial,
mulai dari teman lama, teman saat ini sampai pada teman baru.
·
Bisa dimanfaatkan untuk media promosi/iklan dan
pemberitahuan secara uptodate. dan
manfaat hiburan lainnya seperti komunitas, kuis, game dll yang bisa menambah
pengetahuan kita tentang teknologi maupun hal umum.
·
Informasi yang up to date sangat mudah menyebar melalui situs
jejaring sosial. Hanya dalam tempo beberapa menit setelah kejadian, kita telah
bisa menikmati informasi tersebut. Ini sangatlah bermanfaat bagi kita sebagai
manusia yang hidup di era digital seperti sekarang ini. Cakrawala dunia serasa
berada dalam sentuhan jari kita.
·
Sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan dan sosial
·
Mengasah keterampilan teknis dan sosial merupakan kebutuhan yang
wajib dipenuhi agar bisa bertahan hidup dan berada dalam neraca persaingan
diera modern seperti sekarang ini. Hal ini sangatlah penting, tidak ada batasan
usia, semua orang butuh untuk berkembang.
·
Dengan menggunakan jejaring sosial, kita bisa berkomunikasi
dengan siapa saja, bahkan dengan orang yang belum kita kenal sekalipun dari
berbagai penjuru dunia. Kelebihan ini bisa kita manfaatkan untuk menambah
wawasan, bertukar pikiran, saling mengenal budaya dan ciri khas daerah
masing-masing, dll. Hal ini dapat pula mengasah kemampuan berbahasa seseorang.
Misalnya, belajar bahasa inggris dengan memanfaatkan fasilitas call atau video
call yang disediakan di situs jejaring sosial.
·
Dapat belajar mengembangkan keterampilan teknis dan social yang
sangat di butuhkan di zaman digital seperti sekarang ini. Mereka akan belajar
bagaimana cara beradaptasi,bersosialisai dengan public dan mengelola jaringan
pertemanan.
·
Memperluas jaringan pertemanan, anak dan remaja akan menjadi
lebih mudah berteman dengan orang lain di seluruh dunia, meski sebagian besar
diantaranya belum pernah mereka temui secara langsung.
·
Situs jejaring social membuat anak dan remaja menjadi lebih
bersahabat, perhatian, dan empati, misalnya memberi perhatian saat ada teman
mereka yang ulang tahun, mengomentari foto, video dan status teman mereka,
menjaga hubungan persahabatan meski tidak dapat bertemu secara fisik.
Þ
Dampak
Negatif dari Media Sosial
Kecanduan, situs jejaring sosial seperti Facebook atau MySpace
juga bisa membahayakan kesehatan karena memicu orang untuk mengisolasikan diri.
Meningkatnya pengisolasian diri dapat mengubah cara kerja gen, membingungkan
respons kekebalan, level hormon, fungsi urat nadi, dan merusak performa mental.
·
Berkurangnya perhatian terhadap keluarga
·
Tergantikannya kehidupan sosial
·
Tersebarnya data penting yang tidak semestinya
·
Membuat prestasi pelajar semakin menurun
·
Tumbuhnya sikap hedonisme dan konsumtif
Bukan bertujuan untuk
melecehkan, ilustrasi satir justru dibuat untuk menyadarkan dan membangunkan
manusia dari mimpi panjang konsumerisme teknologi. Jangan sampai manusia punah
oleh teknologi ciptaannya sendiri.
Berikut beberapa
ilustrasi satir yang dibuat oleh para ilustrator terkenal dunia. Cermati,
pahami dan bangunlah menuju kehidupan manusia yang sesungguhnya.
plus.google.com
Bagi manusia zaman sekarang, liburan yang paling mengasyikkan dan menyenangkan adalah menyendiri dengan smartphone dan media sosial miliknya sendiri. Manusia seolah bebas menikmati ‘pulau pribadi’ miliknya. Ilustrasi ini dibuat oleh Pawel Kuczynski.
Bagi manusia zaman sekarang, liburan yang paling mengasyikkan dan menyenangkan adalah menyendiri dengan smartphone dan media sosial miliknya sendiri. Manusia seolah bebas menikmati ‘pulau pribadi’ miliknya. Ilustrasi ini dibuat oleh Pawel Kuczynski.
2Rahasia
Pawel adalah lulusan
Fine Arts Academy dari Poznan, Polandia. Pada karyanya yang satu ini, Pawel
ingin menunjukkan bahwa tidak ada lagi tempat yang dapat menyimpan rahasia
kamu. Semuanya akan keluar menyebar terbang bebas seperti burung Twitter.
3Belenggu
Ilustrasi ini dimuat
oleh Makkah Newspaper. Ilustrasi satir yang seolah mengatakan bahwa manusia
telah dibelenggu kedua tangan dan kakinya oleh Facebook, Instagram, Whatsapp,
dan Twitter.
gorod.lv
Manusia telah menjadi
zombie di tengah kemajuan pembangunan. Sepertinya begitulah pesan yang ingin
disampaikan oleh Steve Cutts. Steve adalah seorang ilustrator dan animator asal
London.
factanotoria.com
Steve mempunyai kantor
kreatif yang ia beri nama Gleisobar yang memiliki klien terkenal dari berbagai
belahan dunia. Sebut saja Coca-cola, Google, Rebook, Magners, Nokia, Sony, dan
Toyota.
Dalam ilustrasi satir
yang satu ini, Steve ingin mengatakan pada kita untuk tidak menjadi
‘peliharaan’ smartphone dan media sosial. Manusia seharusnya
menjadi pengelola teknologi bukan dikuasai oleh teknologi.
arabictimes.net
Jean Jullien adalah
desainer grafis asal Perancis yang saat ini tinggal di London. Pada ilustrasi
satir garapannya yang satu ini, ia ingin menunjukkan bahwa manusia saat
ini seperti khawatir untuk tidur. Terus membuka mata hanya untuk mengamati
dunia maya miliknya.
Tamparan keras untuk
para akademisi, John Holcroft dalam ilustrasinya kali ini menggambarkan matinya
buku sebagai literatur yang terbelenggu oleh paku-paku media sosial. John adalah
seorang ilustrator asal Inggris.
Para akademisi harus
sadar akan ini dan mengoreksi berbagai hasil karyanya agar benar-benar fakta
sesuai ilmu dan pengetahuan yang telah ada. Bukan justru menganggap Google dan
berbagai media sosial menjadi sumber rujukan utama.
hellourban.com
Smartphone dan media sosial telah
menjadi penjara, setidaknya itulah yang ingin diungkapkan oleh Latif Fityani.
Latif adalah mahasiswa grafis asal Amman, Yordania yang sedang menempuh
pendidikan di Philadelphia University.
creativelife.cz
Hal inilah yang
benar-benar terjadi di Indonesia. Perlawanan masyarakat pada berbagai isu dan
peristiwa yang dilakukan oleh pemerintah dan dianggap tidak sesuai dengan norma
di masyarakat dilawan menggunakan Facebook dan media sosial lainnya.
Hal ini bisa jadi hal
yang baik tetapi sekaligus hal yang buruk dan sangat berbahaya. Pawel Kuczynski
sungguh menggambar ilustrasi satir ini dengan sangat tepat.
Baik karena dapat
menjadi bibit untuk melahirkan gerakan sosial, people power,
bahkan common enemy atau musuh bersama. Namun, sekaligus
berbahaya karena dapat juga disalahgunakan sebagai alat kampanye hitam dan
penyebaran isu serta fakta bohong.
Masyarakat lebih
memilih jalan pikir yang pendek dan mudah percaya pada suatu hal yang belum
pasti.
Kesadaran dan
kepercayaan yang prematur dapat menimbulkan konflik antar kelompok masyarakat
yang justru disebabkan oleh sesuatu yang belum jelas sebab musababnya.
Oleh : Daniel Pandapotan S. - 12113020
Tugas Softskill Periode 2 - Analisis Media Sosial
Reviewed by Daniel Pandapotan Simorangkir
on
8:10 AM
Rating:
No comments: