Gunadarma Studentsite News

Tugas Softskill Periode 2 - Analisis Media Sosial

5 Contoh Media Sosial dan Analisanya


1.    Facebook
Facebook yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini berkantor pusat di Menlo Park Kalifornia dan telah menjadi Perusahaan Terbuka (Tbk) pada tahun 2012 dengan pendapatan US$7,87 Miliar di tahun 2013. Beberapa perusahaan Teknologi yang diakuisi oleh Facebook diantaranya seperti Instagram, Whatsapp, Oculus VR dan PrivateCore. Negara asal Amerika Serikat, Tahun Berdiri 2004 dengan nama Website yaitu Facebook.com.

Salah satu yang menjadi fitur unggulan terbaru facebook ialah video ulang tahun. Menurut Facebook, fitur ini dapat disesuaikan dengan menggabungkan pesan yang telah kamu terima dari teman, keluarga, dan foto yang ditag pada saat hari ulang tahun kamu. Lebih jelasnya, satu hari setelah ulang tahun kamu, kamu bisa melihat video berdurasi 45 detik yang menampilkan kue ulang tahun dengan lilin yang menyala sebagai pembukaan video. Kemudian video dilanjutkan dengan postingan ulang tahun dan foto dari teman-teman kamu. Video tersebut akan muncul di cerita News Feed yang mengucapkan selamat hari ulang tahun dari Facebook. Setelah muncul, kamu dapat memilih untuk membagikan video tersebut ke timeline kamu untuk mengucapkan terima kasih kepada teman-teman lain. Jika tidak tertarik untuk mensharenya dengan yang lain, ada opsi untuk menikmati video secara pribadi. Apabila tidak puas dengan isi videonya, kamu dapat mengubah foto dan postingan di dalam video sebelum men-share videonya.

Aktivitas terbanyak yang dapat dilakukan dengan Facebook ialah mengirimkan pesan privat pada teman Facebook, memperbarui status profil, menjelajahi konten di profil Facebook orang lain, unggah foto, berjualan dan bermain game.

2.    Qzone
Qzone adalah situs Jejaring Sosial yang dibuat oleh perusahaan China yaitu Tencent Holding Limited pada tahun 2005. Meskipun merupakan Jejaring Sosial yang memiliki pengguna aktif terbanyak kedua di dunia, Namun Qzone hanya terkenal di China dengan sebagian besar penggunanya adalah Warga Negara China. Negara asal China, Tahun Berdiri 2005 dengan nama Website yaitu qzone.qq.com.

Yang menjadi fitur unggulan dari Qzone ialah Own Space Decoration dan Background Music. Di Qzone Pengguna dapat mengatur latar belakang ruang mereka sendiri. pengguna biasa (gratis) dapat menggunakan latar belakang dengan pilihan yang terbatas, sementara pengguna berbayar atau "Yellow diamond" pengguna dapat menggunakan latar belakang yang lebih banyak pilihannya. Pengguna dapat mengatur gayanya sendiri masing-masing. Di Qzone Pengguna juga dapat mengatur musik latar belakang. Ada dua versi, yang ditujukan untuk "Green Diamond" atau pengguna berbayar dan pengguna biasa (gratis). Dalam "Green Diamond" versi pengguna dapat menikmati musik latar belakang yang tersedia di Qzone dengan berbagai pilihan. Sedangkan pengguna biasa harus meng-upload musik online, namun dengan kualitas yang lebih rendah.

Aktivitas terbanyak yang dapat dilakukan dengan Qzone adalah mengunggah foto, bermain game atau aplikasi, mencari informasi di halaman Tencent dan mengunggah bakat dan keahlian mereka.

3.    Google+
Google+ atau Google Plus merupakan produk dari perusahaan Raksasa Internet Google Inc. yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin. Google Plus merupakan salah satu situs Jejaring sosial yang memiliki perkembangan terpesat, hanya dalam jangka waktu 3 tahun telah berhasil menarik 343 juta pengguna aktif. Hal ini sebenarnya memiliki keterkaitan yang kuat dengan semakin popularnya sistem operasi untuk ponsel yaitu Android dan juga posisi kuat Google dalam Mesin Pencari (Search Engine). Negara asal Amerika Serikat, diluncurkan pada tahun 2011 dengan nama website yaitu plus.google.com.

Yang menjadi fitur unggulan dari Google+ adalah pertama, kemampuan untuk menambahkan foto dan link pada kolom komentar, seperti dilansir melalui Google+, Rabu, 31 Agustus 2016. Pengguna dapat memasukkan foto dan link tambahan dalam kolom komentar, sehingga semua informasi mengenai aktifitasnya yang terunggah di situs atau jejaring lain bisa ditambahkan langsung pada kolom komentar.
Kedua, terdapat pusat notifikasi baru dimana pengguna dapat melihat seluruh aktifitas terbaru mereka di Google+.
Ketiga, fitur moderasi untuk komunitas. Fitur ini memungkinkan pengguna menyetujui postingan yang masuk pada akun komunitas. Pengguna dapat bertindak sebagai moderator untuk menyetujui atau menolak kiriman komentar, foto atau postingan lainnya dalam akun komunitas.
Fitur  Automatic Circles juga menjadi salah satu fitur unggulan dari Google+. Fitur ini memungkinkan kita untuk mengelompokkan teman-teman kita, misalnya untuk kenalan, teman kampus, keluarga, dll. Jadi saat update status, kita bisa memilih siapa saja yang dapat melihat status kita.

Aktivitas terbanyak yang dapat dilakukan dengan Google+ adalah update status, menjelajahi konten di google+ (collection) orang lain. Bergabung di komunitas dan membagikan apa pendapat mereka, dan mengirimkan pesan privat pada teman.



4.    Twitter
Twitter merupakan situs Jejaring Sosial yang hanya mengizinkan para penggunannya megirimkan dan membaca teks sebanyak 140 karakter, pesan singkat Twitter ini sering disebut dengan Tweets atau kicauan. Twitter yang didirikan oleh Jack Dorsey, Evan Williams, Biz Stone dan Noah Glass pada tahun 2006 ini telah menjadi perusahaan terbuka pada tahun 2013 denganpendapatan US$664 Juta pada tahun 2013. Berasal dari Negara Amerika Serikat, berdiri pada tahun 2006 dengan nama website yaitu twitter.com.

Yang menjadi fitur unggulan dari Twitter adalah Group Direct Message dan berbagi video asli ataupun edit. Pengguna dapat berbagi pesan pribadi secara kelompok (Group Direct Message) langsung ke beberapa followers pengguna di twitter. Hal ini terinspirasi dari Whatsapp dan aplikasi messaging lainnya. Seperti yang telah dilansir oleh www.mashable.com, Dick Costolo, selaku CEO Twitter. Untuk memperkuat inti produk Twitter yaitu dengan membuat lebih mudah bagi pengguna untuk bergerak lebih lancar antara percakapan publik yang terjadi di mana-mana di Twitter dan percakapan pribadi antara pengguna dan teman pengguna atau dan beberapa teman pengguna lainnya.
Dengan fitur video, pengguna dapat berbagi pesan video kepada follower yang berdurasi 30-detik panjangnya, serta pengguna dapat mengambil gambarnya secara langsung dari aplikasi twitter ataupun upload dari galeri handphone. Jadi, sekarang bukan hanya berbagi gambar saja tapi sekarang juga bisa berbagi video gokil dan seru kepada followers di twitter dan juga bisa chatting sama geng Anda melalui akun twitter.

Aktivitas terbanyak yang dapat dilakukan dengan Twitter adalah update kicauan (status), Twitter dimanfaatkan sebagai sarana protes, untuk menunjukkan apresiasi terhadap figur public atau lainnya dan unggah foto atau video.

5.    Instagram
Instagram adalah situs Jejaring sosial yang memperbolehkan penggunanya untuk mengambil Foto atau Video dan mengolahnya dengan berbagai filter digital kemudian membagikannya kebeberapa jejaring sosial lainnya seperti Facebook, Twitter, Tumblr, Flickr dan tentunya Instagram itu sendiri. Situs Jejaring Sosial yang hanya terdapat di sistem operasi iOS Apple dan Android Google ini telah diakuisisi oleh Facebook pada tahun 2012 seharga US$ 1 Miliar. Berasal dari Negara Amerika Serikat, berdiri pada tahun 2010 dengan nama website yaitu instagram.com.

Yang menjadi fitur unggulan dari Instagram adalah mampu memotong foto menjadi bentuk persegi, tidak lagi dengan rasio 4:3. Mempunyai editor yang memiliki banyak filter, sehingga foto-foto dapat disajikan lebih menarik. Filter-filter tersebut antara lain X-Pro II, Lomo-fi, Earlybird, Sutro, Toaster, Brannan, Inkwell, Walden, Hefe, Nashville, 1977, dan Lord Kelvin. Filter yang relatif baru adalah Valencia, Amaro, Rise, dan Hudson. Fitur tilt-Shift yakni berfungsi untuk mengaburkan atau memburamkan bagian sekeliling obyek yang menjadi fokus. Bentuknya ada dua, persgi dan lingkaran. Fitur Geotagging, yaitu fitur yang dapat mendeteksi lokasi tempat pengambilan foto atau lokasi pengguna. Foto tidak hanya dapat dibagi dengan sesama pengguna Instagram, juga ke pengguna jejaring sosial lainnya seperti Facebook, Twitter, Foursquare, Tumblr, atau Flickr karena dapat terintegrasi ke jejaring social lainnya. Dan fitur terbarunya adalah mengabadikan moment suatu cerita dalam profilnya.


Aktivitas terbanyak yang dapat dilakukan dengan Instagram adalah mengunggah foto dan video, membagikan suatu cerita dari sebuah foto atau video, dan berjualan.


5 Contoh Media Sosial dan Komunitas Yang Terbentuk Serta Aktivitas Yang Dilakukan


1.    Facebook
Facebook yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini berkantor pusat di Menlo Park Kalifornia dan telah menjadi Perusahaan Terbuka (Tbk) pada tahun 2012 dengan pendapatan US$7,87 Miliar di tahun 2013. Beberapa perusahaan Teknologi yang diakuisi oleh Facebook diantaranya seperti Instagram, Whatsapp, Oculus VR dan PrivateCore. Negara asal Amerika Serikat, Tahun Berdiri 2004 dengan nama Website yaitu Facebook.com.

Komunitas yang terbentuk di Facebook ini ada berbagai macam, dan hamper semua jenis topik ada Facebook ini.

Aktivitas yang dilakukan dalam komunitas di Facebook ini, dapat berupa berbagi pengetahuan tentang apa yang menjadi topik komunitas tersebut dengan mengunggah foto, video maupun dalam bentuk tulisan, dan dapat menggunakan fitur untuk membentuk suatu jadwal pertemuan di dalam komunitas tersebut.

2.    Qzone
Qzone adalah situs Jejaring Sosial yang dibuat oleh perusahaan China yaitu Tencent Holding Limited pada tahun 2005. Meskipun merupakan Jejaring Sosial yang memiliki pengguna aktif terbanyak kedua di dunia, Namun Qzone hanya terkenal di China dengan sebagian besar penggunanya adalah Warga Negara China. Negara asal China, Tahun Berdiri 2005 dengan nama Website yaitu qzone.qq.com.

Komunitas yang terbentuk di Qzone juga sama memliki berbagai macam komunitas virtual dengan beragam topik yang terbentuk.

Aktivitas utuk menulis blog atau cerita yang ingin dibagikan kedalam komunitasnya, mengunggah tulisan, foto serta video. Kebanyakan layanan Qzone tidak tersedia gratis. Penggguna baru bisa mempergunakan layanan tambahan tanpa membayar lagi setelah membeli Canary Diamond. Versi mobile pun tersedia, tetapi juga dengan biaya ekstra.


3.    Google+
Google+ atau Google Plus merupakan produk dari perusahaan Raksasa Internet Google Inc. yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin. Google Plus merupakan salah satu situs Jejaring sosial yang memiliki perkembangan terpesat, hanya dalam jangka waktu 3 tahun telah berhasil menarik 343 juta pengguna aktif. Hal ini sebenarnya memiliki keterkaitan yang kuat dengan semakin popularnya sistem operasi untuk ponsel yaitu Android dan juga posisi kuat Google dalam Mesin Pencari (Search Engine). Negara asal Amerika Serikat, diluncurkan pada tahun 2011 dengan nama website yaitu plus.google.com.

Komunitas di Google+ pun juga sama memiliki beragam topik yang dibentuk menjadi suatu komunitas.

Aktivitas yang ada dalam komunitas di Google+ yaitu banyak anggota-anggota lebih kebanyakan mengunggah foto dan tulisan untuk dibagikan ke komunitasnya. Apabila pengguna mendapatkan komunitas yang diingininya dapat melakukan follow (ikuti) maka apa yang akan terposting di komunitas tersebut akan muncul di timeline pengguna Google+


4.    Twitter
Twitter merupakan situs Jejaring Sosial yang hanya mengizinkan para penggunannya megirimkan dan membaca teks sebanyak 140 karakter, pesan singkat Twitter ini sering disebut dengan Tweets atau kicauan. Twitter yang didirikan oleh Jack Dorsey, Evan Williams, Biz Stone dan Noah Glass pada tahun 2006 ini telah menjadi perusahaan terbuka pada tahun 2013 denganpendapatan US$664 Juta pada tahun 2013. Berasal dari Negara Amerika Serikat, berdiri pada tahun 2006 dengan nama website yaitu twitter.com.

Komunitas yang terbentuk di Twitter ini cenderung membahas tentang informasi-informasi yang dibutuhkan oleh pengguna, contohnya komunitas kelas mahasiswa gunadarma.

Aktivitas yang dilakukan di komunitas tersebut ialah mengunggah suatu informasi-informasi berupa foto, video atau juga tulisan dan dilakukan oleh salah satu admin atau pemegang akun komunitas tersebut. Dan pengikut (follower) komunitas bisa juga dapat menanyakan langsung kepada admin komunitas tersebut.


5.    Instagram
Instagram adalah situs Jejaring sosial yang memperbolehkan penggunanya untuk mengambil Foto atau Video dan mengolahnya dengan berbagai filter digital kemudian membagikannya kebeberapa jejaring sosial lainnya seperti Facebook, Twitter, Tumblr, Flickr dan tentunya Instagram itu sendiri. Situs Jejaring Sosial yang hanya terdapat di sistem operasi iOS Apple dan Android Google ini telah diakuisisi oleh Facebook pada tahun 2012 seharga US$ 1 Miliar. Berasal dari Negara Amerika Serikat, berdiri pada tahun 2010 dengan nama website yaitu instagram.com.

Komunitas yang ada di Instagram sama juga seperti yang ada di Twitter kareng menggukan fitur ‘follow’. Tetapi komunitas yang ada di Instagram memiliki berbagai macam topik yang dibahas.

Aktivitas yang dilakukan di komunitas yang ada di Instagram ini dapat berupa mengunggah suatu foto atau video tetapi lebih banyak foto. Setelah admin mengunggah suatu informasi tersebut pengguna-pengguna yang mengikuti komunitas tersebut juga langsung dapat mengkomentari apa yang di unggah tersebut bukan secara langsung ke admin.



 Dampak Positif dan Negatif Yang Terjadi Dalam Media Sosial

Þ   Dampak Positif dari Media Sosial
·         Media Bersifat gratis
·         Memudahkan kita membentuk jaringan sosial, mulai dari teman lama, teman saat ini sampai pada teman baru.
·         Bisa dimanfaatkan untuk media promosi/iklan dan pemberitahuan secara uptodate. dan manfaat hiburan lainnya seperti komunitas, kuis, game dll yang bisa menambah pengetahuan kita tentang teknologi maupun hal umum.
·         Informasi yang up to date sangat mudah menyebar melalui situs jejaring sosial. Hanya dalam tempo beberapa menit setelah kejadian, kita telah bisa menikmati informasi tersebut. Ini sangatlah bermanfaat bagi kita sebagai manusia yang hidup di era digital seperti sekarang ini. Cakrawala dunia serasa berada dalam sentuhan jari kita.
·         Sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan dan sosial
·         Mengasah keterampilan teknis dan sosial merupakan kebutuhan yang wajib dipenuhi agar bisa bertahan hidup dan berada dalam neraca persaingan diera modern seperti sekarang ini. Hal ini sangatlah penting, tidak ada batasan usia, semua orang butuh untuk berkembang.
·          Dengan menggunakan jejaring sosial, kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja, bahkan dengan orang yang belum kita kenal sekalipun dari berbagai penjuru dunia. Kelebihan ini bisa kita manfaatkan untuk menambah wawasan, bertukar pikiran, saling mengenal budaya dan ciri khas daerah masing-masing, dll. Hal ini dapat pula mengasah kemampuan berbahasa seseorang. Misalnya, belajar bahasa inggris dengan memanfaatkan fasilitas call atau video call yang disediakan di situs jejaring sosial.
·          Dapat belajar mengembangkan keterampilan teknis dan social yang sangat di butuhkan di zaman digital seperti sekarang ini. Mereka akan belajar bagaimana cara beradaptasi,bersosialisai dengan public dan mengelola jaringan pertemanan.
·         Memperluas jaringan pertemanan, anak dan remaja akan menjadi lebih mudah berteman dengan orang lain di seluruh dunia, meski sebagian besar diantaranya belum pernah mereka temui secara langsung.
·         Situs jejaring social membuat anak dan remaja menjadi lebih bersahabat, perhatian, dan empati, misalnya memberi perhatian saat ada teman mereka yang ulang tahun, mengomentari foto, video dan status teman mereka, menjaga hubungan persahabatan meski tidak dapat bertemu secara fisik.

Þ   Dampak Negatif dari Media Sosial
Kecanduan, situs jejaring sosial seperti Facebook atau MySpace juga bisa membahayakan kesehatan karena memicu orang untuk mengisolasikan diri. Meningkatnya pengisolasian diri dapat mengubah cara kerja gen, membingungkan respons kekebalan, level hormon, fungsi urat nadi, dan merusak performa mental.
·         Berkurangnya perhatian terhadap keluarga
·         Tergantikannya kehidupan sosial
·         Tersebarnya data penting yang tidak semestinya
·         Membuat prestasi pelajar semakin menurun
·         Tumbuhnya sikap hedonisme dan konsumtif


 Ilustrasi Yang Populer Dalam Media Sosial Dipublikasikan

Bukan bertujuan untuk melecehkan, ilustrasi satir justru dibuat untuk menyadarkan dan membangunkan manusia dari mimpi panjang konsumerisme teknologi. Jangan sampai manusia punah oleh teknologi ciptaannya sendiri.
Berikut beberapa ilustrasi satir yang dibuat oleh para ilustrator terkenal dunia. Cermati, pahami dan bangunlah menuju kehidupan manusia yang sesungguhnya.
1Liburan
plus.google.com

Bagi manusia zaman sekarang, liburan yang paling mengasyikkan dan menyenangkan adalah menyendiri dengan smartphone dan media sosial miliknya sendiri. Manusia seolah bebas menikmati ‘pulau pribadi’ miliknya. Ilustrasi ini dibuat oleh Pawel Kuczynski.

2Rahasia


urbanhit.fr

Pawel adalah lulusan Fine Arts Academy dari Poznan, Polandia. Pada karyanya yang satu ini, Pawel ingin menunjukkan bahwa tidak ada lagi tempat yang dapat menyimpan rahasia kamu. Semuanya akan keluar menyebar terbang bebas seperti burung Twitter.

3Belenggu

buzzly.fr

Ilustrasi ini dimuat oleh Makkah Newspaper. Ilustrasi satir yang seolah mengatakan bahwa manusia telah dibelenggu kedua tangan dan kakinya oleh Facebook, Instagram, Whatsapp, dan Twitter.

4Zombie
gorod.lv
Manusia telah menjadi zombie di tengah kemajuan pembangunan. Sepertinya begitulah pesan yang ingin disampaikan oleh Steve Cutts. Steve adalah seorang ilustrator dan animator asal London.

5Peliharaan
factanotoria.com
Steve mempunyai kantor kreatif yang ia beri nama Gleisobar yang memiliki klien terkenal dari berbagai belahan dunia. Sebut saja Coca-cola, Google, Rebook, Magners, Nokia, Sony, dan Toyota.
Dalam ilustrasi satir yang satu ini, Steve ingin mengatakan pada kita untuk tidak menjadi ‘peliharaan’ smartphone dan media sosial. Manusia seharusnya menjadi pengelola teknologi bukan dikuasai oleh teknologi.

6Never Alone
arabictimes.net
Jean Jullien adalah desainer grafis asal Perancis yang saat ini tinggal di London. Pada ilustrasi satir garapannya yang satu ini, ia ingin menunjukkan bahwa manusia saat ini seperti khawatir untuk tidur. Terus membuka mata hanya untuk mengamati dunia maya miliknya.


7Dead Literature
workbook.com

Tamparan keras untuk para akademisi, John Holcroft dalam ilustrasinya kali ini menggambarkan matinya buku sebagai literatur yang terbelenggu oleh paku-paku media sosial. John adalah seorang ilustrator asal Inggris.
Para akademisi harus sadar akan ini dan mengoreksi berbagai hasil karyanya agar benar-benar fakta sesuai ilmu dan pengetahuan yang telah ada. Bukan justru menganggap Google dan berbagai media sosial menjadi sumber rujukan utama.

8Ilustrasi Satir Penjara
hellourban.com

Smartphone dan media sosial telah menjadi penjara, setidaknya itulah yang ingin diungkapkan oleh Latif Fityani. Latif adalah mahasiswa grafis asal Amman, Yordania yang sedang menempuh pendidikan di Philadelphia University.

9Duel, Perang
creativelife.cz

Hal inilah yang benar-benar terjadi di Indonesia. Perlawanan masyarakat pada berbagai isu dan peristiwa yang dilakukan oleh pemerintah dan dianggap tidak sesuai dengan norma di masyarakat dilawan menggunakan Facebook dan media sosial lainnya.
Hal ini bisa jadi hal yang baik tetapi sekaligus hal yang buruk dan sangat berbahaya. Pawel Kuczynski sungguh menggambar ilustrasi satir ini dengan sangat tepat.
Baik karena dapat menjadi bibit untuk melahirkan gerakan sosial, people power, bahkan common enemy atau musuh bersama. Namun, sekaligus berbahaya karena dapat juga disalahgunakan sebagai alat kampanye hitam dan penyebaran isu serta fakta bohong.
Masyarakat lebih memilih jalan pikir yang pendek dan mudah percaya pada suatu hal yang belum pasti.
Kesadaran dan kepercayaan yang prematur dapat menimbulkan konflik antar kelompok masyarakat yang justru disebabkan oleh sesuatu yang belum jelas sebab musababnya.


Oleh : Daniel Pandapotan S. - 12113020
            4KA07    
Tugas Softskill Periode 2 - Analisis Media Sosial Tugas Softskill Periode 2 - Analisis Media Sosial Reviewed by Daniel Pandapotan Simorangkir on 8:10 AM Rating: 5

No comments:

Theme images by fpm. Powered by Blogger.