Gunadarma Studentsite News

Modus - Modus Kejahatan Dalam Teknologi Informasi



Image result for cyberspace
 
            Perkembangan teknologi jaringan komputer global atau Internet telah menciptakan dunia baru yang dinamakan cyberspace, sebuah dunia komunikasi berbasis komputer yang menawarkan realitas yang baru, yaitu realitas virtual. Istilah tersebut juga menghasilkan berbagai bentuk lingkungan cyberspace yang kemudian melahirkan istilah baru yang dikenal dengan Cybercrime, Internet Fraud, dan lain-lain.
Dalam beberapa literatur, cybercrime sering diidentikkan sebagai computer crime. Andi Hamzah dalam bukunya “Aspek-aspek Pidana di Bidang Komputer” (1989) mengartikan cybercrime sebagai kejahatan di bidang komputer secara umum dapat diartikan sebagai penggunaan komputer secara ilegal. 
Dari pengertian ini, cybercrime dirumuskan sebagai perbuatan melawan hukum yang dilakukan dengan memakai jaringan komputer sebagai sarana/alat atau komputer sebagai objek, baik untuk memperoleh keuntungan ataupun tidak, dengan merugikan pihak lain.

Jenis-jenis ancaman (threats) yang ada melalui IT yaitu sebagai berikut,
Menguping (eavesdropping),
Menyamar (masquerade),
Pengulang (reply),
Manipulasi data (data manipulation),
Kesalahan Penyampaian (misrouting),
Pintu jebakan atau kuda Trojan (trapdoor),
Virus (viruses),
Pengingkaran (repudoition),
Penolakan Pelayanan (denial of service), dan lainnya

 Kasus-kasus computer crime/cyber crime, salah satu contoh kasus yaitu Ransomware di Rumah Sakit. Ransomware telah ada selama beberapa waktu, namun pada tahun 2016 serangan semakin kuat dan lebih sering. Contoh yang paling menonjol dari 2016 serangan ransomware adalah mereka menargetkan rumah sakit, misalnya Rumah Sakit Union Memorial di Maryland. Ransomware mengenkripsi data pada komputer rumah sakit, dan hanya dalam pertukaran dengan 45 Bitcoins penyerang mendekripsi data lagi. Hal ini penting untuk rumah sakit yang menangani data pasien sangat sensitif. 
Dalam kasus lain, IT dari Medical Center di Hollywood Presbyterian di LA, telah ditutup untuk beberapa minggu karena ransomware. serangan lebih menargetkan Rumah Sakit Methodist di Henderson, Kentucky, serta sebuah rumah sakit di Neuss, Jerman. Dalam kasus rumah sakit Jerman tidak terlalu banyak kerusakan yang didapat, karena data tersebut hanya disimpan dalam modus terenkripsi dan backup telah dilakukan secara teratur. Namun, IT dari seluruh rumah sakit telah ditutup selama beberapa hari, memaksa staf untuk bekerja seperti di era pra-digital.

Jenis ancaman dan modus operansi kejahatan di bidang teknologi informasi,
Modus kejahatan ini adalah penggunaan teknologi informasi dalam modus operandi, sehingga sulit dimengerti oleh orang-orang yang tidak menguasai pengetahuan tentang komputer, teknik pemrograman dan seluk beluk dunia cyber.
            Jenis Kerugian yang ditimbulkan dapat bersifat material maupun non-material Waktu, nilai, jasa, uang, barang, harga diri, martabat bahkan kerahasiaan informasi.


Sumber:







Modus - Modus Kejahatan Dalam Teknologi Informasi  Modus - Modus Kejahatan Dalam Teknologi Informasi Reviewed by Daniel Pandapotan Simorangkir on 11:41 PM Rating: 5

No comments:

Theme images by fpm. Powered by Blogger.